Posting Baru

Selasa, 30 Desember 2014

Kerang Darah

Kerang Darah (Anadara Granosa) adalah sejenis kerang yang bisa dibudidayakan, tetapi kebanyakan nelayan lebih suka menangkapnya langsung dari pantai. Disebut kerang darah karena ia menghasilkan hemoglobin dalam cairan merah yang dihasilkan.

Hewan ini gemar memendam dirinya ke dalam pasir atau lumpur dan tinggal di mintakat pasang surut. Kerang dewasa berukuran panjang 5-6cm dan berukuran lebar 4-5cm.

Budidaya kerang darah sudah dilakukan dan hewan ini memiliki nilai ekonomis yang baik. Kerang darah bisa diolah dengan cara direbus/dikukus dapat pula digoreng atau disatai serta juga dapat dijadikan makanan ringan. Ada sebagian orang yang lebih suka menyantapnya dalam keadaan mentah.

Harga kerang darah segar sangat bervariasi, tergantung juga pada musim. Kerang darah biasa dijual dengan cara ditempatkan dalam piring-piring. Satu piring harganya berkisar Rp 7.000-10.000. Untuk mendapatkan kerang darah dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional, tapi jika ingin membeli kerang darah yang segar dan murah musti datang langsung dan beli sama nelayannya.

Selamat berburu kerang darah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates